Tuesday, October 31, 2017

7 Tips Terhindar Dari Narkoba



SIAGA || Narkoba sudah mengancam setiap kalangan, apalagi bahaya narkoba bagi pelajar dan remaja begitu sangat memprihatinkan. Oleh karena itu diperlukannya penanganan yang serius dengan membangun kerjasama yang baik antar pemerintah serta aparat dan masyarakat dalam rangka penanggulangan dan pencegahan bahaya narkotika narkoba.

Faktor penyebab utama bagi kalangan remaja maupun anak-anak sekolah adalah rasa ingin tahu yang sangat besar dan membuat mereka ingin mencoba barang haram tersebut.

Rasa ingin mencoba narkotika ini lah adalah pintu masuk pertama dan penyebab kalangan muda terjerumus dalam pengaruh dampak negatif penyalahgunaan narkotika dan obat-obatan terlarang.
Berikut beberapa tips dalam pencegahan dan menghindari penyalahgunaan narkoba : 

1. Jangan pernah untuk mencoba-coba menggunakan narkotika, kecuali atas dasar pertimbangan medis atau dokter.

2. Mengetahui akan berbagai macam dampak buruk narkoba.

3. Memilih pergaulan yang baik dan jauhi pergaulan yang bisa mengantarkan kita pada penyalahgunaan narkotika.

4. Memiliki kegiatan-kegiatan yang positif, berolahraga atau pun mengikuti kegiatan kegiatan organisasi yang memberikan pengaruh positif baik kepada kita.

5. Selalu ingatkan bahwawasannya ancaman hukuman untuk penyalah guna Narkoba, apalagi bagi pengedar Narkoba adalah Lembaga Pemasyarakatan.

6. Gunakan waktu dan tempat yang aman, jangan keluyuran malam-malam. Bersantailah dengan keluarga, berkaraoke, piknik, makan bersama, masak bersama, beres-beres bersama nonton bersama keluarga.

7. Bila mempunyai masalah maka cari jalan keluar yang baik dan jangan jadikan narkoba sebagai jalan pelarian.

Semoga tips berikut dapat membantu kita terhindar dari narkoba dan zat adiktif lainnya.


(vi/lm/rp)

SHARE THIS

Author:

0 komentar: