Sunday, October 22, 2017

Ribuan Ulama Ngawi Gelar Doa Dan Dzikir Untuk Keselamatan Bangsa



SIAGA || Ribuan ulama dan santri dari kalangan nahdliyin di wilayah Ngawi, Jawa Timur menggelar doa bersama Majelis Dzikir Al Khidmah di Pendopo Wedya Graha Pemkab Ngawi mulai pukul 20.00 WIB hingga selesai, Jum’at (20/10). 

Acara yang berlangsung khidmat tersebut diisi dengan Qotmil Al Qur’an, Tahlil sekaligus kirim do’a kepada para auliya serta ulama pejuang di wilayah Ngawi maupun pada umumnya dan ditutup dengan Mauidhotul Hasanah bersama KH Moch Faruq dari Kediri.

“Agenda kegiatan doa dan dzikir ini menjadi satu bagian perayaan hari santri tahun 2017 ini. 

Tujuanya tidak lain mewujudkan komitmen dan kepeduliannya pada persoalan keagamaan, keumatan dan kebangsaan,” terang Inngam Ketua Panitia HSN Kabupaten Ngawi, Jum’at (20/10).

Ditempat yang sama KH Moch Faruq menggarisbawahi, beberapa tahun terakhir ini para kyai NU (Nahdlatul Ulama-red) merasakan kegelisahan kuat atas problem-problem keagamaan dan kebangsaan. Mereka merasakan adanya siyarat illahiah maka sangat penting berdoa dan dzikir bersama meminta keutuhan bangsa Indonesia terjaga. 

“Jika para ulama atau kiai sepuh sudah turun gunung, tandanya ada persoalan besar yang menjadi kegelisahan. Sebab para kiai NU konsisten mewujudkan komitmen dan kepeduliannya pada persoalan keagamaan, keumatan dan kebangsaan,” jelas KH Moch Faruq.

Kemudian kegiatan doa sekaligus dzikir bersama di Pendopo Wedya Graha Pemkab Ngawi tersebut sebagai bentuk kepedulian para ulama dan santri di wilayah Ngawi untuk mengarahkan umat Islam dan seluruh elemen bangsa dalam rangka menguatkan kembali bangunan keagamaan dan kebangsaan tanah air. 

Mereka berkomitmen kuat untuk menghadirkan pola beragama dan berbangsa yang tawassuth (moderat), tasamuh (toleran), tawazun (seimbang), i'tidal (adil) dan menjalankan visi rahmatan lil alamin. Sehingga bisa menciptakan rasa kebangsaan yang dinamis dan elegan penuh toleransi antar satu sama lain dibawah naungan NKRI. (pr)







SHARE THIS

Author:

0 komentar: