Thursday, November 2, 2017

Aplikasi Pemindai Wajah DPO Teroris Tengah Disiapkan


SiagaNews || JAKARTA. Terkait penanganan aksi terorisme Bareskrim Polri  tengah menyiapkan aplikasi pemindai wajah untuk melacak setiap orang yang masuk dalam Daftar Pencarian Orang (DPO) terkait kasus terorisme. Aplikasi tersebut akan tergabung dalam data penduduk dan data kejahatan yang dimiliki oleh kepolisian.

Kabareskrim Komjen Pol. Ari Dono Sukmanto mengatakan, saat ini Polri masih terus mempersiapkan aplikasi tersebut. Selain itu ia menambahkan, di negara lain  sudah menerapkan aplikasi pemindai wajah yang dipadukan ke dalam kamera pemantau atau CCTV.

"Kami rancang sebagai facial recognized untuk gambar mati. Gambar mati yang ada di Kartu Tanda Penduduk (KTP)," jelasnya.

Selain itu, ia menambahkan bahwa nantinya  CCTV yang dilengkapi dengan aplikasi pemindai wajah tersebut akan diletakkan di Pelabuhan, Bandara, dan tempat umum lainnya yang berpotensi disusupi oleh DPO teroris.

"Kalau kami ketemu di kasus ada beberapa kasus, orang menemukan wajahnya, kami sketsa, kami facial recognized, kami dapat semua. Kami kembangkan lagi ke depan itu untuk CCTV, jadi nanti softwarenya kami masukkan saja umpamanya DPO-nya teroris umpanya," terangnya.

Apabila aplikasi ini terwujud, Polisi akan lebih mudah melakukan penangkapan terhadap DPO teroris. Hal tersebut dikarenakan semua catatan kriminal akan terpapar dalam software tersebut.

"Ketika dia (CCTV) menangkap wajah orang itu (DPO teroris), akan keluar profilenya yang kami susun, akan keluar maka kami lakukan pengejaran," jelas Jenderal Polisi bintang tiga tersebut.


(vi/lm/rp)

SHARE THIS

Author:

0 komentar: