Wednesday, November 1, 2017

Di Ngawi, Polwan Cantik Terjun Ke Pasar Sosialisasikan Operasi Zebra


SiagaNews || Guna memberikan pelayanan terbaik polisi memang harus berbaur dengan warga masyarakat. Tidak terkecuali dalam kondisi apapun setiap saat bisa melayani serta mengayomi warga masyarakat sesuai tupoksi dari kepolisian itu sendiri. Seperti yang dilakukan para polisi wanita (Polwan) dari Satlantas Polres Ngawi langsung terjun ke pasar untuk menemui para pedagang, Selasa kemarin, (31/10).

Mereka bukanya untuk membeli kebutuhan sembako ataupun sayur mayur melainkan memberikan brosur yang berisi tentang rencana Operasi Zebra Semeru 2017 bertajuk Penegakkan Hukum dan Meningkatkan Kesadaran Serta Kepatuhan Masyarakat dalam Berlalu Lintas, Stop Pelanggaran, Stop Kecelakaan, Utamakan Keselamatan untuk Manusia yang bakal digelar mulai hari ini, Rabu (01/11).
Seperti di Pasar Besar Ngawi mulai pukul 08.00 WIB para Polwan cantik dan imut ini dengan ramahnya memberikan pemahaman kepada pedagang sebagai bagian dari masyarakat untuk tertib berlalu-lintas.

Memang kemarin itu selaku polwan memberikan sosialisasi kepada saudara-saudara kita di pasar agar mereka tahu jika hari ini (Rabu-red) mau ada operasi zebra yang tujuanya tidak lain agar warga tertib berlalu-lintas dan mencegah terjadinya kecelakaan, terang Bripda Dastri W.Pertiwi, salah satu anggota Satlantas Polres Ngawi, Rabu (01/11).

Ulasnya, bentuk sosialisasi langsung di pasar tersebut menjadi bagian dari upaya pendekatan ke masyarakat melalui cara persuasive. Sehingga dengan satu cara ini warga masyarakat selaku pengguna jalan lebih memahami semua tata cara berlalu-lintas yang baik dari sisi kelengkapan kendaraan maupun perilaku ketika di jalan raya.

Alhamdulillah kemarin kita-kita ini diterima baik oleh mereka tentu sebagai bentuk kepercayaan masyarakat terhadap Polri. Kita harus ramah dan lebih dekat dengan warga masyarakat itulah hal utama, bebernya.

Terkait operasi zebra Kepala Koprs Lalu Lintas Polri Irjen Pol Royke Lumowa, memberikan lima arahan kepada seluruh personil Polantas se-Indonesia. Berikut amanah dari Kakorlantas buat personil yang berjaga di Operasi Zebra 2017:

1. Menekan angka kecelakaan lalu lintas. Selain dengan pendekatan Dikmas, langkah penegakkan hukum juga menjadi salah satu upaya menekan angka kecelakaan.

2. Disiplin dalam berlalu lintas. Bila Operasi Zebra sudah dilaksanakan, tetapi tidak ada perubahan dari masyarakat dalam disiplin berlalu lintas, maka dianggap gagal bertugas. Karena sebelum gelar Operasi Zebra, sudah banyak dilakukan penekanan dan sosialisasi. Bila tidak maksimal dalam memberikan pelayanan, nanti akan terlihat bagaimana pelaksanaan Operasi Zebra.

3. Mengurangi Pelanggaran lalu lintas. Kalau pelanggaran masih terlihat dominan berarti Operasi Zebra masih dianggap biasa oleh masyarakat.

4. Menurunkan tingkat fatalitas korban kecelakaan. Tahun kemarin, kita sudah mengalami penurunan hingga 30 persen, dan tahun ini pada gelaran Operasi Zebra 2017 harus lebih baik lagi dalam menurunkan tingkat fatalitas. Melalui Operasi Zebra, Kepolisian dapat Negara untuk menyelamatkan banyak nyawa yang terbuang sia-sia di jalan raya.

5. Meningkatnya kepercayaan masyarakat kepada Polri, dalam hal ini anggota yang bertugas di lapangan jangan ada lagi kolusi, dan korupsi dalam peneggakan hukum kepada pelanggar. Dan peneggakan harus ada kepastian dan bersifat adil.

Dengan operasi zebra tentu berharap dapat terwujud Kamseltibcarlantas, menjelang perayaan Natal dan Tahun Baru. Semoga kegiatan ini berjalan aman dan lancar, demikian kata Irjen Pol Royke Lumowa. (pr)


SHARE THIS

Author:

0 komentar: