Tuesday, November 21, 2017

Faktor Alam, Plengsengan Jembatan Watualang Ambrol

SiagaNews || Pasca ambrolnya plengsengan jembatan Watualang di Desa Watualang, Kecamatan Ngawi Kota beberapa waktu lalu langsung disikapi oleh wakil rakyat daerah setempat. Komisi IV DPRD Ngawi melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke lokasi proyek senilai Rp 45,5 miliar lebih, Selasa (21/11).

Hasil sidak kata dewan, ambrolnya plengsengan di dua sisi sekitar pondasi jembatan yang membentang diatas Bengawan Solo selebar lebih dari 2 meter akibat faktor alam. Sebab akhir-akhir ini kondisi Bengawan Solo banjir. Dengan alasan tersebut tanah yang menopang plengsengan tergerus.

"Betul plengsengan disekitar pondasi jembatan di dua sisi baik di selatan maupun utara itu ambrol. Tapi tidak berpengaruh ataupun mengancam konstruksi utama jembatan. Ambrolnya plengsengan memang akibat banjir," terang Slamet Riyanto Ketua Komisi IV DPRD Ngawi.

Jelasnya, pihak rekanan dalam hal ini PT Satwiga Mustika Naga mengaku bertanggung jawab penuh karena masih dimasa pemeliharaan selama 6 bulan kedepan. Sesuai janji rekanan, secepatnya akan diperbaiki bahkan tidak lagi konstruksi batu pasangan melainkan beton bertulang.

“Jika ada kerusakan itu sudah menjadi tanggungjawab rekanan karena masih berada di tahap pemeliharaan. Jangan sampai rekanan sendiri seenaknya dan sejak awal kami meminta Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (DPUPR) tetap memberi penegasan dan memonitoring  kepada rekanan,” kupasnya.

Terpisah, Kepala DPUPR Kabupaten Ngawi Hadi Suroso mengatakan, untuk jembatan Watualang sudah selesai dikerjakan. Terkait anggaran, jembatan Watualang dikerjakan selama tiga tahun sesuai tahapanya. Untuk tahap pertama 2015 lalu, pemasangan pondasi yang membentang ditengah aliran Bengawan Solo telah menyerap anggaran tidak kurang dari Rp 5 miliar.

Disusul tahap berikutnya, difokuskan pada pekerjaan fisik jembatan dengan budget anggaran sekitar Rp 26 miliar bersumber dari Dana Alokasi Umum (DAU) tahun 2016 dan terakhir dikonsentrasikan pada pekerjaan pengerasan jalan baik di sisi selatan maupun utara jembatan dengan budget Rp 14,5 miliar bersumber DAK 2017. (pr)

SHARE THIS

Author:

0 komentar: