Friday, November 3, 2017

Gelapkan Uang, Kepala KSP SAE Cabang Sine Dijebloskan Ke Penjara

SiagaNews || Diduga melakukan tindak penggelapan uang sejumlah puluhan juta seorang Kepala Koperasi Simpan Pinjam (KSP) SAE Cabang Sine, Ngawi berinisial SP laki-laki berusia 48 tahun akhirnya resmi ditetapkan sebagai tersangka dan dijebloskan ke sel Mapolres Ngawi pada Jumat (03/11). Data yang berhasil dihimpun, SP berhasil ditangkap petugas Satreskrim Polres Ngawi pada Kamis kemarin, (02/11), setelah adanya laporan dari Rina Damayanti Kepala Staf Audit KSP SAE pusat, Jalan Rama Wijaya, Desa Surodikraman, Kecamatan/Kabupaten Ponorogo.

Oleh Rina Damayanti kasus dugaan penggelapan uang puluhan juta yang dilakukan SP tersebut telah dilaporkan ke Polres Ngawi pada 29 September 2017. Disebutkan aksi SP yang tercatat sebagai warga Desa Gembongan, Kecamatan Ponggok, Blitar ini mulai terendus dan mulai terbongkar melalui audit pada Jumat 8 September 2017 dan Senin 11 September 2017. Setelah dihitung, KSP SAE mengalami kerugiaan materiil Rp 89.951.119 atau Rp 89, 9 juta lebih.

Kasubbag Humas Polres Ngawi AKP ES Martono menyebutkan, modus operandi yang dilakukan SP memang berbagai cara untuk mendapatkan uang puluhan juta dari tempat kerjanya itu. Antara lain, tidak menyetorkan uang angsuran pembayaran dari para nasabah sekitar Rp 62 juta lebih, mengajukan nasabah fiktif senilai Rp 21,5 juta dan membesarkan nilai pinjaman  nasabah sebesar Rp 6 juta.

Memang penyelidikan dan penyidikan dari kasus dugaan penggelapan dana bank ini berlangsung cukup lama. Setelah mendapatkan barang bukti akhirnya yang bersangkutan dilakukan penahanan dengan status tersangka, terang Kasubbag Humas Polres Ngawi AKP ES Martono, Jumat (03/11).

Ulasnya, adapaun barang bukti yang diamankan dari tangan terduga pelaku dalam hal ini SP seperti satu laporan auditor KSP SAE, 15 bendel aplikasi perjanjian hutang berikut jaminanya, 2 lembar surat pernyataan dari terduga pelaku SP tertanggal 8 dan 11 September 2017, 12 lembar surat pernyataan dari nasabah serta surat tugas atas penunjukan SP sebagai Kepala KSP SAE Cabang Sine. Atas kasus ini SP dijerat dengan Pasal 374 KUHP Subsider Pasal 378 KUHP. (pr)


SHARE THIS

Author:

0 komentar: