Friday, November 24, 2017

Inilah Hal yang Harus Dihindari Saat Berkendara

SiagaNews || Tidak jarang kita temui pengguna jalan raya yang membuat kita heran sekaligus kesal. Entah mengapa sulit sekali menjadi disiplin dan taat pada peraturan lalu lintas. Ada baiknya kita memulai dari diri sendiri untuk memperbaiki pola fikir dan cara kita sebagai pengendara, baik mobil maupun kendaraan roda dua. Berikut hal-hal atau cara mengemudi yang harus kita hindari jika belum menjadi kebiasaan dan harus segera kita hilangkan : 

1. Berkendara dengan lambat di sisi kanan jalan
Sering kita temui orang yang mengendarai mobil atau motor dengan kecepatan rendah di sisi kanan jalan, hal ini sangat mengganggu penguna jalan lain yang berkendara dengan kecepatan lebih tinggi, menjadi sulit untuk mendahului. Sebaiknya jika ingin berkendara dengan kecepatan rendah, ambil sisi jalan sebelah kiri, sehingga tidak menyulitkan atau membahayakan pengendara lain yang butuh berkendara lebih cepat.

2. Tidak menghidupkan lampu sein saat akan berbelok
Biasakanlah mengunakan lampu sein saat ingin berbelok, walau jalan nampak dalam keadaan sepi. Membiasakan diri menghidupkan lampu sein saat akan berbelok ke kiri atau ke kanan akan sangat berguna untuk melatih reflek, sehingga kita tidak membahayakan pengguna jalan lain.

3. Tidak menghidupkan lampu sein saat mendahului atau berpindah sisi jalan
Tidak jarang kita jumpai orang yang mendahului kendaraan lain tanpa menghidupkan lampu sein, begitu pun saat berpindah sisi jalan. Perilaku ini sangat berbahaya, bukan hanya pada pengendara yang bersangkutan, tapi juga bagi pengendara lain yang didahului dan yang berada di belakangnya. 

4. Mendahului dari sebelah kiri dengan tiba-tiba
Perilaku ini biasanya dilakukan pengendara roda dua. Nampaknya memang sepele, tapi berpotensi menyebabkan kecelakaan. karena pengendara yang didahului kaget dan membanting setirnya ke kanan secara tiba-tiba.

5. Mengemudi di bahu jalan terus menerus
Bahu jalan dibuat bukan sebagai jalur utama, melainkan hanya untuk kondisi darurat, misalnya untuk mobil mogok di tol atau untuk kendaraan yang butuh jalur cepat karena kondisi emergensi seperti ambulan.

6. Mendahului kendaraan lain di tikungan
Kecelakaan karena mendahului di tikungan biasanya adalah kecelakaan berat hingga kematian, karena selalu melibatkan kecepatan tinggi. 

Demikianlah hal-hal yang harus kita hindari saat berkendara, semoga kita terbiasa untuk menghidari perilaku-perilaku buruk dalam berkendara. senantiasa berhati-hatilah dan berusaha menjadi pengguna jalan yang baik. 

(vi/lm/rp)

SHARE THIS

Author:

0 komentar: