Thursday, November 16, 2017

Kapolres Ngawi Hadiri Pemusnahan Barang Bukti Tindak Pidana Narkoba Dan Uang Palsu



SiagaNews || Ngawi - Kejaksaan Negeri (Kejari) Ngawi  memusnahkan barang bukti perkara pemusnahan barang bukti Tindak Pidana Narkoba dan Uang Palsu oleh Kejaksaan Negeri Ngawi di halaman Kantor Kejari Ngawi di Jalan Panglima Sudirman Ngawi, Kamis (16/11/2017). Ikut dimusnahkan barang bukti 1 Seat mesin diesel Dompeng, 1 wayer penyedot pasir, 2 buah pacul, 2 buah cikrak, dari penambang pasir illegal

Kepala Kejari Ngawi Waito Wongateleng, S.H, M.H mengatakan, semua barang bukti yang dimusnahkan telah berkekuatan hukum tetap (inkracth) selama tahun 2017. Dia menyampaikan, barang bukti yang dimusnahkan pada 2017 sebanyak 12 perkara yang telah memiliki kekuatan hukum yang tetap (inkracth).

Pemusnahan ini dilaksanakan berdasarkan putusan hukum yang memerintahkan barang bukti dirampas untuk dimusnahkan. Pemusnahan barang bukti narkotika dan Uang palsu dilakukan dengan dibakar. "Dimusnahkam semua yang perkaranya inkracth, rata-rata semua sabu-sabu dan ganja, ditambah satu perkara uang palsu dan alat tambang pasir illegal," ujar Waito setelah melakukan pemusnahan barang bukti.

Waito menuturkan, untuk sejauh perkara narkoba masih banyak, namun perkaranya masih dalam tahap proses persidangan. Jika perkara narkotika lainnya telah berkekuatan hukum tetap, pihaknya akan segera memusnahkan kembali. "Perkara lain kan masih proses persidangan, nanti kalau sudah inkracth kita akan segera musnahkan," kata dia.

Disinggung terkait dengan barang bukti lainya seperti alat komunikasi dan transportasi para narapidana, pihak kejaksaan mengaku belum mendatanya. Kepala Seksi Pidana Umum Supardi menuturkan, masalah barang bukti seperti handphone dan kendaraan milik narapidana, pihaknya selaku eksekutor melihat amar putusannya terlebih. 

"Bergantung pada putusan, kalau barang bukti dirampas untuk dimusnahkan akan dimusnahkan. Kalau putusan barang buktinya dikembalikan, kita akan dikembalikan," ujarnya.

Dalam pemusnahan ini turut dihadiri oleh Kapolres Ngawi AKBP Nyoman Budiharja, S.I.K., M.Si., BNN Kabupaten Ngawi, Kepala Cabang BRI Ngawi, Kasi Inteljen Kejari Kabupeten Ngawi, Dinas Kesehatan Kabupaten Ngawi, Kemenag Ngawi dan Pegawai Kejaksaan Negeri Ngawi dan dihadiri dari Tokoh Agama Kabupaten Ngawi.

"Kita patut mengapresiasi kinerja dari kepolisian, BNN, kejaksaan, pengadilan yang telah bekerja keras dalam memberantas narkoba di Ngawi," kata Waito.



SHARE THIS

Author:

0 komentar: