Monday, November 6, 2017

Ony Sebut Peran Agen BNK Maksimal Terhadap Pengungkapan Kasus Narkotika


SIAGANEWS || NGAWI. Maraknya kasus narkoba diwilayah Ngawi akhir-akhir ini baik penyalahgunaan sabu-sabu, ganja maupun pil psikotropika membuat Ony Anwar Wakil Bupati Ngawi angkat bicara. Menurutnya, jumlah kasus tersebut sebetulnya masih stagnan atau seperti pada tahun-tahun sebelumnya.

Kata Ony Anwar yang juga Ketua Badan Narkotika Kabupaten (BNK) Ngawi mengakui memang dalam setahun terakhir seolah jumlah penyalahgunaan narkoba luar biasa jumlahnya. Bahkan tidak jarang menyeret kalangan pelajar dan remaja terlibat didalamnya.

“Sebenarnya angka dari kasus penyalahgunaan narkoba jumlahnya sama dengan dari beberapa tahun sebelumnya. Hanya saja tahun ini memang ada keberanian pihak aparat kepolisian untuk melakukan pengungkapan,” jelas Ony Anwar, Senin (06/11).

Ony menyebut, pengungkapan secara tuntas kasus narkoba yang dilakukan aparat kepolisian dalam kaitanya Reskoba Polres Ngawi memang ditunjang dari beberapa faktor salah satunya peran dari agen BNK sekarang ini. Sesuai peranya, agen BNK seringkali menyampaikan informasi adanya penyalahgunaan narkoba dari lingkupnya masing-masing.

Apalagi dari datanya beber Ony, agen BNK yang ada diwilayah Ngawi tidak kurang 2.500 agen yang tersebar di 19 wilayah kecamatan. Diakuinya, ribuan agen BNK ini menjadi indikator terhadap suksesnya perang terhadap narkoba.

Dan ribuan agen BNK tersebut terbagi atas dua klaster yakni agen dari kalangan pelajar usia 15-20 tahun dan agen pemuda pelopor. Jumlah dari agen itu sendiri setiap tahunya terus bertambah sekitar 700 orang. Tentu hal ini sebagai satu isyarat jika keberadaan masyarakat mulai sadar terhadap bahaya narkoba.

“BNK di Ngawi selalu memberikan terkait penyalahgunaan narkoba dan itu pasti ditindaklanjuti secara persuasive dan preventif. Namun kita juga menerima bagi mereka yang kecanduan narkoba secara sadar untuk berhenti dengan cara melalui proses rehabilitasi,” cetus Ony.

Ulasnya, kepada Reskoba Polres Ngawi terus diharapkan melakukan manuver bersama BNK Ngawi untuk melakukan pemberantasan terhadap kasus narkoba maupun secara aktif melakukan sosialisasi ke lapangan tentang bahaya narkoba.

Untuk setahun terakhir pungkas Ony, pihaknya mengapresiasi peran Reskoba Polres Ngawi membombardir para mafia maupun jaringan narkoba baik yang melibatkan pelaku dari luar daerah maupun sebaliknya. Dengan demikian, secara komperhenship pemberantasan narkoba bisa dilakukan dan bermuara pada penyelamatan generasi muda dari kecanduan barang haram tersebut yang tentu sangat mematikan.  (pr)



SHARE THIS

Author:

0 komentar: