Monday, November 6, 2017

Peringati HUT Brimob ke-72, Brimob Jatim Laksanakan Jalan dan Bersepeda dari Surabaya-Jakarta


SIAGANEWS || SURABAYA, JAWA TIMUR. Senin (6/11/2017), Korps Brigade Mobil Polri akan segera memperingati hari jadinya yang ke-72 tepatnya pada tanggal 14 November 2017.

Dalam rangka memperingati hari ulang tahun Korps tertua di Indonesia ini, pada tanggal 5 November 2017, puluhan anggota Satuan Brimob Kepolisian Daerah Jawa Timur melaksanakan napak tilas untuk mengenang jasa pahlwan Bapak Brimob Indonesia, mendiang Komisaris Jenderal Polisi Purn. Mohammad Yasin.

Peringatan ini digelar dalam dua acara, yang pertama yakni bersepeda bersama yang dimulai dari Monumen Kepolisian RI di Jalan Raya Darmo, Surabaya sampai ke Markas Komando Brimob di Kelapa Dua, Jakarta.

Sedangkan kegiatan lainnya yakni, napak tilas perjuangan Bapak Komjen Pol. Purn. M Yasin dengan cara berjalan kaki dari Monumen Kepolisian RI di Surabaya hingga ke Markas Komando Kompi Brimob Madiun.

Wakil Kepala Kepolisian Daerah Jawa Timur, Brigadir Jenderal Polisi Awan Samudra memimpin pelepasan kegiatan bersepeda bersama ini. Sedangkan, pelepasan kegiatan napak tilas di lepas oleh Wakil Komandan Korps Brimob Polri, Brigadir Jenderal Polisi Irianto.

Komjen Pol Mohammad Yasin dikenal sebagai pendiri Brimob Polri. Pada 21 Agustus 1945, dia yang menjabat Komandan Tokubetsu Keisatsutai atau Polisi Istimewa Surabaya, melakukan tindakan mempertahankan kemerdekaan RI setelah diproklamirkan Soekarno-Hatta pada 17 Agustus 1945.


Empat hari setelah proklamasi kemerdekaan tersebut, Polisi Istimewa Surabaya memproklamirkan pembubaran Tokubetsu Keisatsutai, Kepolisian bentukan Jepang, dan mendukung pembentukan Polisi Indonesia. Oleh Presiden Joko Widodo, dia dianugerahi gelar Pahlawan Nasional pada 5 November 2015.

(kr/lm/rp)

SHARE THIS

Author:

0 komentar: