Friday, November 17, 2017

Tips Aman Menggunakan Ojek Online


SiagaNews || JAKARTA - Kamis, (16/11/2017). Zaman modern ini diimbangi juga dengan berkembangnya teknologi dengan segala inovasinya memudahkan kehidupan manusia.

Satu contoh dari perkembanga teknologi dalam bidang transportasi. sekitar dua tahun terakhir muali marak bermunculan transportasi online, salah satu contohnya ojek online.

Ojek online merupakan ojek yang dipesan melalui online, bisa menggunakan transportasi berupa sepeda motor, mobil, ataupun taksi. Ojek online ini bisa diakses menggunakan smartphone dengan mengunduh aplikasinya.
Namun tak jarang, perkembangan teknologi tersebut disalahgunakan sebagai modus tindak kejahatan, seperti tindak kejahatan penculikan, pemerasan, ataupun pelecehan seksual.

Berikut ini ada beberapa tips untuk kenyamanan menggunakan jasa ojek online:

1. Pastikan ojek online diberikan izin untuk akses lokasi penjemputan menuju alamat yang dituju. Karena adanya konflik antara ojek konvensional dan online, maka Dinas Perhubungan memberikan solusi penjemputan lokais tertentu, misalnya tidak bisa order di dalam terminal, stasiun, mall, ataupun lokasi yang digunakan sebagai pangkalan ojek.

2. Pastikan driver beserta kendaraan bermotor yang menjemput anda sama dengan yang tertera di aplikasi. Saat anda memesan ojek online, di aplikasi sudah tertera keterangan meliputi nama, foto driver, plat kendaraan, nomor telpon, dan bahkan posisi sang driver. Jika berbeda, patut untuk anda curigai. Beberapa driver berdalih ia sedang memakai motor lainnya, ada juga yang mengaku jika sebenarnya sudah diurus ke kantor cabang, namun pihak cabang berdalih pusat yang bisa mengurus. Alhasil saling melempar tanggung jawab terjadi dan driver malas mengurusnya lagi yang berdampak padaa tingkat kepercayaan konsumen menurun. Jika hal tersebut terjadi, anda berhak membatalkan pesanan anda untuk menghindari hal yang tidak diinginkan.

3. Hindari menyetujui driver mengubah rute. Jika anda paham dengan rute menuju tempat tujuan, jangan mau rute tersebut diubah oleh orang yang tidak dikenal. Kalau drivernya tidak hafal rutenya, anda bisa mengarahkan atau menggunakan aplikasi google map.

4. Berikan lokasi anda kepada orang terdekat agar mudah melacak keberadaan anda. Kirimkan data driver ke orang terdekat anda, supaya tetap bisa dipantau. Apalagi kalau aplikasi ojek online yang anda pesan mendukung layanan tracking location.

5. Pastikan anda membawa atau menyiapkan benda tajam ataupun benda tumpul, bukan untuk berlaku jahat namun untuk berjaga-jaga jika terjadi hal yang tidak diinginkan. Anda bisa menggunakan benda tersebut untuk melindungi diri anda.

Semoga beberapa tips di atas bisa bermanfaat. Tetap berhati-hati dan waspada dimana pun anda berada karena kejahatan mengincar kita dimana pun dan kapan pun.

(si/lm/rp)


SHARE THIS

Author:

0 komentar: