Monday, November 13, 2017

Wakapolri Resmikan BPKB Online dan Pojok Baca


Siaganews || JAKARTA. Senin (13/11/2017), Wakil Kepala Kepolisian Republik Indonesia, Komisaris Jenderal Polisi Syafruddin mewakili Kepala Kepolisian Republik Indonesia, Jenderal Polisi Tito Karnavian dalam meresmikan INTEGRATED BPKB SYSTEM  dan POJOK BACA Direktorat Lalu-lintas Kepolisian Daerah Metro Jaya.

Wakapolri me-launching program inovasi baru ini, pada hari Senin (13/11). Acara peresmian tersebut juga turut dihadiri oleh beberapa pejabat negara yaitu Ketua Komisi III DPR RI, H. Bambang Soesatyo, S.E., MBA; Menpan-RB, H. Asman Abnur, S.E., M.Si; Menteri Perhubungan, Ir. Budi Karya Sumadi; Komisioner Kompolnas, H. Nurhadi; Dirjen Dukcapil Kemendagri, Prof. Dr. Zudan Arif Fakrulloh, S.H., M.H.; Anggota Komisi III DPR RI, M. Aziz Syamsudin, S.E., S.H., MAF, M.H.; para pimpinan Bank Daerah, Pemerintah maupun Swasta; Dirut PT Telkom dan PT Jasa Raharja, serta berbagai elemen dari kalangan eksternal Polri. 

 
Program ini merupakan hasil sinergi bersama antara Seksi BPKB Ditlantas Polda Metro Jaya, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil), Agen Pemegang Merk (APM), serta Lembaga Pembiayaan (Finance), dalam menghadirkan inovasi sekaligus pioneer digitalisasi penerbitan BPKB pertama di Indonesia secara online, terintegrasi dan sistematik, guna mewujudkan efisiensi waktu, efektifitas kerja, standar format, kualitas produk, profesionalitas kerja melalui prinsip first in first out, transparansi serta akuntabilitas bagi keseluruhan proses pelayanan BPKB, termasuk layanan survei dan indeks kepuasan masyarakat, pengarsipan, pemblokiran, cross check dan identitas ranmor, serta komplain masyarakat. 

 
Selanjutnya, pendirian 5 (lima) fasilitas Pojok Baca, e-Baca dan Internet Corner, bertujuan agar masyarakat dapat memanfaatkan waktu tunggu layanan dengan membaca buku manual maupun digital, sehingga dapat memelihara produktivitas-nya secara positif. 

 
Secara simbolik, launching program INTEGRATED BPKB SYSTEM dan POJOK BACA dilakukan melalui penyerahan RIFD Card kepada Putri Indonesia sebagai perwakilan masyarakat Jakarta, sehingga sistem ini sudah siap digunakan oleh masyarakat. Selanjutnya, Wakapolri juga melakukan penandatangan prasasti untuk menandai difungsikannya layanan Pojok Baca oleh masyarakat. 

 
Selain itu, disela-sela kegiatan, Wakapolri juga menyerahkan buku saku “Pencegahan Pengawasan dan Penanganan Permasalahan Dana Desa” (BSP4DD) secara simbolik kepada seluruh Bhabinkamtibmas jajaran Polda Metro Jaya, sebagai pedoman dan panduan teknis dalam bertindak di lapangan. Bhabinkamtibmas juga perlu mensosialisasikan informasi terkait program INTEGRATED BPKB SYSTEM, sehingga program ini dapat berdaya optimal bagi akselerasi pelayanan Polri kepada masyarakat di bidang BPKB.

 
Atas prestasi, sebagai pioneer digitalisasi penerbitan BPKB pertama di Indonesia, kegiatan ini mendapatkan apresiasi positif dari berbagai elemen, termasuk diberikannya sertifikat MURI secara langsung oleh Ketua Umum MURI Jaya Suprana kepada Wakapolri. 

 
Wakapolri juga menyampaikan harapan yang besar terkait program ini, agar tidak hadir sebagai dentuman awal saja, namun dapat menjadi inspirasi yang selanjutnya dikembangkan dan ditransformasikan secara menyeluruh dan berkesinambungan, bukan hanya di daerah perkotaan, namun juga dapat menyentuh dan memberikan solusi terhadap berbagai kendala administratif maupun teknis di daerah, hingga tingkat terkecil seperti Desa/Kelurahan.
 
 (kr/lm/rp)

SHARE THIS

Author:

0 komentar: