Thursday, December 14, 2017

Kasatlantas Polres Ngawi Ogah Berurusan Knalpot Brong Jelang Tahun Baru

SiagaNews || Untuk menekan terjadinya pelanggaran lalu-lintas yang dilakukan para pengendara sepeda motor pada perayaan pergantian tahun atau malam tahun baru 2018 yang tinggal menghitung hari berbagai cara yang dilakukan petugas kepolisian. Seperti yang dilakukan Unit Dikyasa Satlantas Polres Ngawi langsung turun lapangan menyasar ke beberapa toko penjual spare part khususnya sepeda motor.

Terlihat beberapa orang petugas kepolisian door to door menyambangi toko penjual spare part di wilayah Kota Ngawi seperti di Jalan PB Sudirman, Jalan Ahmad Yani dan Jalan Trunojoyo. Mereka bukanya membeli spare part melainkan mengajak para pengusaha toko spare part untuk mendukung suksesnya Operasi Lilin Semeru 2017 ini.

Kasatlantas Polres Ngawi AKP Rukimin menjelaskan, bimbingan dan penyuluhan (binluh) ke toko maupun bengkel yang teridentifikasi menjual peralatan sepeda motor untuk tidak menjual spare part diluar standartnya. Seperti ban ceper, lampu variasi atau rotator maupun knalpot brong.

“Mulai hari ini bersama anggota kami keliling ke beberapa toko maupun bengkel yang menjual peralatan sepeda motor untuk tidak menjual beberapa peralatan yang tidak sesuai ketentuan. Alhamdulilah mereka (toko spare part-red) sangat partisipasif dengan kami untuk ikut andil menyukseskan Operasi Lilin Semeru yang akan digelar,” jelas AKP Rukimin, Kamis (14/12).

Ungkap dia, kepada setiap pemakai kendaraan bermotor khususnya roda dua pada waktu merayakan pergantian tahun jangan sampai melanggar lalu-lintas terutama dari sisi kelengkapan kendaraan dari fisiknya. Jika mereka nekat melakukan modifikasi sepeda motor diluar standart yang ditentukan  jelas akan berhadapan dengan petugas.

“Jika mereka nekat memakai terutama knalpot brong dan lampu rotator jelas akan berhadapan dengan sangsi tegas dari kami. Seperti tahun lalu sangsi yang diberikan jelas sesuai perundang-undangan maka dari itu mari taati aturan bersama,” bebernya lagi.

Tegasnya, tidak bakal mentolelir bagi pengendara bermotor khususnya pemakaian knalpot brong maupun penggunaan spare part diluar standart. Dan diperintahkan sejak awal kepada jajaranya untuk memplototi setiap kendaraan hasil modifikasi yang mempunyai kecenderungan menimbulkan gangguan lalu-lintas.

“Seperti knalpot brong jangan coba-coba nekat memasangnya kalau nekat jelas akan kami tindak. Para pelanggar itu harus melalui sidang tilang terlebih dahulu, kemudian para pelanggar juga harus melengkapi knalpot sesuai standartnya, sebelum dilengkapi, kami tak akan mengembalikan kendaraan apapun alasan mereka,” pungkas AKP Rukimin Kasatlantas Polres Ngawi. (pr)


SHARE THIS

Author:

0 komentar: