Tuesday, December 5, 2017

Kodim 0805/Ngawi Kirim Bantuan Ke Korban Banjir Dan Longsor Pacitan

SiagaNews || Bencana banjir dan longsor di Kabupaten Pacitan, Jawa Timur, masih berlanjut dan menelan banyak korban. Berdasarkan catatan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) setidak menelan 25 korban jiwa dalam bencana ini. Untuk meringankan beban korban dari bencana tersebut Kodim 0805/Ngawi langsung mengirim bantuan kemanusian berupa makanan siap saji mie instan dan beras.

Jangan diniliai dari besarnya bantuan kita tetapi yang diberikan kepada saudara kita korban banjir di Kabupaten Pacitan tersebut sebagai bentuk kepedulian kita, Pasandi Dim 0805/Ngawi Letda Inf Ma'ruf Wahyudi, Selasa (05/12).

Tidak sebatas makanan yang diberikan tetapi Kodim 0805/ Ngawi dibawah kendali Letkol Inf M.Triyandono siap menerjunkan personelnya jika dibutuhkan sesuai perintah komando. Mengingat yang dibutuhkan dari lokasi bencana ini adalah tenaga kebersihan.

Dari berita sebelumnya yang ditulis, bencana tanah longsor dan banjir di Ponorogo yang terjadi selama dua hari 27-28 November 2017 lalu mengakibatkan lebih 20 orang warga meninggal. Air bah pada waktu kejadian melanda tujuh kecamatan itu adalah Kecamatan Kebonagung, Pacitan, Tulakan, Tegalombo, Nawangan, Arjosari, dan Ngadirojo.

Seperti diketahui banjir dan tanah longsor yang melanda Pacitan dua hari lalu pada 27-28 disebabkan siklon tropis Cempaka yang menimbulkan curah hujan ekstrem dengan intensitas 383 milimeter per hari. Dekatnya posisi siklon tropis Cempaka dengan daratan Pacitan, yakni hanya 23 kilometer sebelah selatan Pacitan di Samudra Hindia.

Sehingga telah menyebabkan kelumpuhan total. Banjir dan longsor bersamaan dengan gelombang laut tinggi membuat semua sungai yang bermuara di Teluk Pacitan meluap hingga terjadi banjir besar. Penanganan darurat banjir dan longsor di Kabupaten Pacitan terus dilakukan. Sampai saat ini BNPB mencatat jumlah pengungsi mencapai 2.050 jiwa dengan kerusakan rumah mencapai 1.709 unit. (pr)


SHARE THIS

Author:

0 komentar: