Wednesday, December 20, 2017

Mudik Natal Dan Tahun Baru Kasatlantas Polres Ngawi Cek Bus Di Kertonegoro

SiagaNews || Petugas gabungan dari Satlantas dan Reskoba Polres Ngawi, Dinas Perhubungan serta petugas Terminal Kertonegoro Ngawi melakukan pemeriksaan langsung kondisi bus. Tidak sebatas itu, setiap pengemudi bus diwajibkan tes urine maupun pemeriksaan kesehatan di Terminal Kertonegoro Ngawi, Rabu (20/12).

Kasatlantas Polres Ngawi AKP Rukimin terlihat langsung mengemudikan salah satu armada bus untuk memastikan laik jalan ataukah tidak. Pemeriksaan kendaraan atau rump chek guna meminimalisasi kecelakaan lalu lintas jelang Natal dan Tahun Baru 2018 khususnya di wilayah Ngawi.

Kegiatan operasi kelaikan kendaraan bus termasuk didalamnya ada tes urine demikian juga pemeriksaan kesehatan para sopir. Jika ada bus ditemukan tidak laik jalan maupun tidak memenuhi surat kelengkapan kendaraan maka akan kita tahan, terang Kasatlantas Polres Ngawi AKP Rukimin.

Jelasnya, pemeriksaan terhadap bus memang dilakukan secara detail dan teliti. Pihaknya fokus melakukan pemeriksaan mulai dari ban, wiper lampu, trayek, dan buku KIR, hingga panel-panel yang berada di dalam bus dan paling diplototi adalah rem. Mengapa rem menjadi fokus utama, kata AKP Rukimin mendasar pengalaman kecelakaan bus di Buleleng Bali jangan sampai terulang akibat rem blong.

Kalau ditemukan tidak layak bus tetap kita hentikan dan dikandangkan seperti Bus Handoyo jurusan Jawa-Sumatera ini. Mengapa dihentikan karena tensi darah sopirnya sangat tinggi juga ada surat kelengkapan kendaraan yang harus diperbarui. Untuk penumpangnya biar melangsungkan perjalananya lagi dengan armada bus lainya yang lebih siap dioperasikan, jelasnya.

Dilokasi yang sama Koordinator Terminal Kertonegoro Ali Imron Hariyadi menerangkan, tes urine telah dilakukan pada 20 sopir bus dan 46 orang petugas dari internal terminal. Namun total hasilnya dari tes urine semuanya dinyatakan negative dari narkoba. Kegiatan tersebut paparnya, memang sesuai instruksi langsung Dirjen Perhubungan Darat Irjen Pol Budi Setiadi.

Memang kegiatan ini kerjasama dengan Satlantas maupun Reskoba Polres Ngawi. Tetapi internal kita menyesuaikan instruksi langsung dari Dirjen Hubdat yang mana seluruh personel maupun petugas terminal harus bersih dari narkoba. Jika ada yang terbukti silahkan pihak berwajib melakukan proses hukum, jelas Ali Imron. (pr)


SHARE THIS

Author:

0 komentar: