Thursday, December 14, 2017

Open House Bersama Anak TK, Satlantas Polres Ngawi Kampanyekan Tertib Berlalu-Lintas Sejak Dini

SiagaNews || Dengan melihat fenomena perilaku masyarakat Indonesia pada umumnya dalam berlalu lintas saat ini sangat perlu adanya penanaman pengetahuan tentang disiplin dan etika dalam berlalu lintas. Melalui Unit Dikyasa Satlantas Polres Ngawi menggelar open house bersama puluhan anak TK Al Ishlah Desa Ngale, Kecamatan Paron di Mako dan Taman Lalu-Lintas Polres Ngawi, Kamis (14/12).

Kami dari Satlantas Polres Ngawi melalui Unit Dikyasa secara aktif dan terjadwal melakukan open house seperti sekarang ini bersama anak-anak kita dari taman kanak-kanak. Tujuanya tidak lain memberikan pendidikan sejak dini tentang tata cara berlalu-lintas yang baik. Dengan demikian mereka akan tahu tentang resiko dan bahaya jika melanggar aturan lalu-lintas, terang Kasatlantas Polres Ngawi AKP Rukimin.

Kegiatan open house yang dihadiri Kapolres Ngawi AKBP MB.Pranatal Hutajulu sekaligus Wakapolres Ngawi Kompol Soehono juga diperkenalkan rambu-rambu lalu-lintas dengan segala macamnya. Ungkap AKP Rukimin, peran Polisi Lalu Lintas (Polantas) secara ideal adalah mewujudkan sistem pengoperasian jalan dengan tingkat keamanan keselamatan yang tinggi, ketertiban, kelancaran lalu lintas ( kamseltibcar lantas).

Mengapa harus diberikan pemahaman terhadap anak TK, AKP Rukimin menjelaskan, usia dini merupakan sebagai waktu yang tepat untuk pembentukan perilaku melalui proses belajar tentang pemahaman berlalu-lintas yang baik. Lewat proses tersebut sangat diharapkan akan terjadi perubahan kelakuan dan sikap anak sejak awal. Mulai dari tidak mengerti menjadi mengerti, dari tidak memahami menjadi mengerti yang outputnya terjadi kesadaran penuh betapa pentingnya aturan lalu-lintas.

Metode pembelajaran sejak usia dini kami kira sangat mutlak sebagai awal pembentukan karakter. Para anak-anak juga didorong untuk menyebarluaskan informasi dan pengetahuannya tentang kebiasaan berperilaku yang baik dalam berlalu lintas dengan teman sebayanya (child to child). Jika itu berhasil sangat mudah nantinya untuk menekan angka kecelakaan lalu-lintas baik faktor dari akibat human error maupun lainya, beber AKP Rukimin.

Kupasnya lagi, keselamatan lalu lintas pada dasarnya merupakan masalah sosial yang melibatkan individu  individu pengguna jalan, dengan adanya saling memahami peraturan lalu-lintas dapat tercipta ketertiban berlalulintas.  Serta memberikan rasa aman terhadap sesama pengguna jalan dan tentunya akan mengurangi angka kecelakaan di jalan raya.

Pungkasnya, selain memberikan materi tentang etika berlalu-lintas melalui video animasi anak juga dikenalkan tugas-tugas pokok kepolisian maupun semua satuan fungsi di Polres Ngawi. Dengan mengantongi bekal ilmu tentang lalu-lintas bisa bermanfaat kedepanya. Dimana anak-anak dipersiapkan untuk membangun pengetahuan tentang lalu lintas, dan sikap positif yang akan mendatangkan manfaat saat anak-anak itu menjadi dewasa dan remaja di masa yang akan datang. Lebih mudah mengajarkan kebiasaan baik di usia dini daripada menyingkirkan kebiasaan buruk nantinya. (pr)


SHARE THIS

Author:

0 komentar: