Sunday, January 28, 2018

Asyiknya Lomba Kicau Burung Rebutkan Tropy Ketua DPRD Ngawi


SiagaNews || Kerinduan akan kicau burung mania publik Ngawi terobati sudah melalui ajang lomba kicau burung maniak berlabel ‘Ketua DPRD Ngawi Cup 2018’ yang digelar di Alun-Alun Merdeka Ngawi, Minggu (28/01).


Gelaran yang menggandeng Jalaratu dan Andri Bolang SF diikuti ratusan peserta penggemar kicau burung dari berbagai daerah di Jatim dan Jateng mulai Madiun, Magetan, Ponorogo, Nganjuk, Solo, Yogyakarta dan Wonogiri.


Jumlah yang dilombakan ada 4 kelas dari 27 jenis burung kicau. Adapun kelasnya terbagi atas Kelas Ketua DPRD Ngawi tiket 100, Kelas DRJ tiket 80, Kelas Ngawi Ramah tiket 60 dan terakhir Kelas Ketua DPC PDIP tiket 40. Tidak hanya mengikuti lomba burung berkicau mania, dalam ajang ini juga dimanfaatkan para penghobi burung berkicau sebagai sarana silaturahmi.


Ketua DPRD Ngawi Dwi Rianto Jatmiko atau sering disapa Antok mengatakan, pada kegiatan yang berlangsung sehari tersebut bertujuan untuk menyalurkan minat dan hobi bagi kalangan masyarakat yang memelihara dan membudayakan burung berkicau. Antok pun memastikan kegiatan serupa akan digelar kembali pada setiap event hari jadi Kabupaten Ngawi.


“Kami selaku ketua dewan sangat mengapresiasi para peserta yang jauh-jauh sudah datang ke Ngawi. Tentunya akan berdampak plus pada komunikasi antar penggemar burung sekaligus menjadi ajang silaturahmi. Kedepanya kegiatan semacam ini akan digelar pada hari jadi Kabupaten Ngawi,” terang Antok.


Beber Antok, dalam setiap kategori yang diperlombakan burung diberi waktu 15 menit untuk berkicau. Dimana 10 menit di antaranya digunakan untuk proses penilaian. Dan untuk penilaian terhadap burung didasarkan pada sejumlah hal meliputi irama, lagu, sikap burung serta intensitas kicauan.


Ada enam juri yang mengecek setiap burung yang diperlombakan dimana setiap poin akan dijumlahkan. Pungkasnya, kicau burung yang dilombakan memang rata-rata hanya burung yang paling laris dan popular. (pr)



SHARE THIS

Author:

0 komentar: