Monday, January 15, 2018

Puluhan Warga Pelang Lor Gelar Aksi Tuntut SNJ Realisasikan Jalan Pertanian


SiagaNews || Pasca pembangunan tol Solo-Kertosono secara langsung berdampak pada warga masyarakat wilayah Ngawi, Jawa Timur terutama kaum petani. Kali ini puluhan warga Dusun Tambakselo Timur, Desa Pelang Lor, Kecamatan Kedunggalar menggelar aksi damai menuntut akses jalan pertanian di dusun setempat untuk segera direalisasikan.

Aksi warga dilakukan di area tol masuk STA 21-200 dimulai sekitar pukul 09.00 WIB dan berakhir sekitar pukul 10.00 WIB, Senin, (15/01). Mereka menuntut jalan pertanian yang menghubungkan Dusun Tambakselo Timur menuju ke sawah segera dibangun setelah terdampak pembangunan tol yang menyebabkan akses jalan pertanian tersebut tertutup.

Meski dilakukan dengan cara damai namun aksi puluhan warga ini mendapat pengawalan ketat aparat kepolisian khususnya dari Polsek Kedunggalar. AKP Sukisman Kapolsek Kedunggalar mengatakan, aksi yang mengerahkan puluhan petani dari desa setempat langsung ditemui perwakilan dari PT SNJ. 

"Puluhan warga baru bisa membubarkan diri setelah ada keterangan dari pihak PT SNJ. Dimana pada poinya jika warga menghendaki akses jalan pertanian seperti sebelumnya mereka harus membuat surat kepada Bupati Ngawi karena bukan  kewenangan PT SNJ," terang Kapolsek Kedunggalar AKP Sukisman.

Menurutnya, PT SNJ bisa merealisasikan jika jalan pertanian yang dimaksudkan itu dibuat secara melingkar. Namun tawaran itu pun langsung ditolak mentah-mentah dengan alasan jarak dan jangkuanya apabila dibangun dengan cara melingkar akan menyita waktu tempuh dan kurang efektif.

"Teryata tawaran dari PT SNJ tadi ditolak maka sebagai solusinya mereka harus membuat surat permohonan kepada Bupati Ngawi agar jalan pertanian itu segera dibangun. Sebab domainya terkait tuntutan itu bukan di PT SNJ melainkan Bupati Ngawi," pungkasnya. (pr)



SHARE THIS

Author:

0 komentar: