Tuesday, February 6, 2018

Kedapatan Mencuri Kayu Jati di Hutan, Warga Kasreman di Amankan Polsek Padas


SiagaNews || Polsek Padas bersama dengan Team telah  terjadi perbuatan tindak pidana orang perseorangan yang dengan sengaja menyimpan dan atau memiliki hasil hutan kayu jati yang berasal dari kawasan hutan yang diambil atau dipungut secara tidak sah .

Kejadian pada hari Senin tanggal 05 Februari  2018 di ketahui sekira pukul 15.30 WIB, dengan TKP di dalam rumah bagian  belakang masuk Dusun Cetokang Desa Kasreman Kecamatan Kasreman Ngawi.

Pelaku yang berhasil diamankan S Bin L,  52 tahun,  petani,  warga Dusun Cetokan Desa /Kecamatan Kasreman Ngawi. 

Kejadian penangkapan pelaku berawal mula pada hari Minggu 04 Februari 2018 sekira pukul 10.00 WIB,  pada saat melaksanakan tugas patroli kring serse di KRPH Pucung BKPH Kedawak Selatan Desa Kaserman / Kecamatan Kaserman Kab. Ngawi,  mendapatkan informasi bahwa dipetak 67a RPH pucung BKPH Kedawak Selatan KPH Ngawi telah  terjadi penebangan pohon jati dalam kawasan hutan secara tidak sah/tanpa ijin.

Berdasar informasi tersebut kemudian dilakukan penyelidikan dan didapat  informasi bahwa pelakunya adalah sdr.  S dan informasi nya barang bukti kayu hasil hutan yang berhasil dipotong tersimpan di dalam rumah bagian belakang milik pelaku.

Selanjutnya pada hari Senin  05 Februari 2018 sekira jam 15.30 WIB,  petugas gabungan dari Polsek padas dan Team dari Perhutani melakukan pengecekan dan benar melihat ada 13 (tiga belas)  batang kayu Jati berbentuk gelondong berbagai ukuran yang disimpan di dalam rumah bagian belakang milik terlapor setelah dilakukan pengecekan dan penelitian oleh pihak Perhutani bahwa kayu tersebut identik dan sama jenisnya dengan 6 (enam) tunggak pohon jati yang dicuri orang dipetak  67a RPH pucung BKPH Kedawak Selatan tersebut.

Setelah ditanyakan kepada sdr. S yang bersangkutan tidak bisa menunjukkan surat keterangan syahnya hasil hutan

Kemudian barang bukti dan  pelaku   diamankan ke Polsek Padas untuk proses penyidikan lebih lanjut.

Barang Bukti yang diamankan petugas 13 (tiga belas) batang pohon jati berbentuk gelondong berbagai ukuran dan 1 (satu) buah gergaji gorok.

Kapolsek Padas AKP H. Pudjianto, S.Pd. mengatakan bahwa,  Benar bahwa Anggota Polsek Padas bersama dengan Team dari Perhutani berhasil mengamankan pelaku beserta barang bukti kayu dari hasil hutan, selanjutnya pelaku dan barang bukti di amankan di Mapolsek Padas guna proses penyelidikan lebih lanjut. 

Pencurian ini mengakibatkan kerugian materi, terhadap tersangka disangkakan Pasal 87  (1) huruf c sub 87 (3) huruf UURI No 18 tahun 2013 tentang pencegahan dan pemberantasan perusakan hutan Jo pasal 56 ke 1e KUHP. Imbuh Kapolsek Padas. (Jf)


SHARE THIS

Author:

0 komentar: