Sunday, February 18, 2018

Lewat Tangan Yayuk Ares Pisang Disulap Jadi Aneka Olahan Bernilai Jual Tinggi


SiagaNews || Berawal dari hobi, salah satu perempuan paruh baya asal Ngawi, Jawa Timur ini menemukan salah satu jenis makanan berbahan dasar tradisional yang unik namun bernilai jual tinggi. Iya, sebut saja Sri Rahayu Setyowati dengan panggilan akrab Yayuk seorang ibu rumah tangga berumur 53 tahun asal  Desa Kedungprahu, Kecamatan Padas, Ngawi mampu menyulap ares pisang atau bagian dari pangkal pisang menjadi makanan akan kaya rasa.

Dirumahnya yang berada di pinggiran jalan menuju lokasi wisata Waduk Pondok Ngawi, inilah Yayuk setiap harinya mengolah ares pisang menjadi aneka olahan makanan khas ala tradisional mulai keripik, dendeng hingga abon. Menurutnya, untuk keripik ares pisang yang diolah ada dua jenis rasa mulai rasa original bawang dan rasa pedas. Namun untuk abonya masih didominasi varian rasa gurih dan manis demikian juga pada rasa dendeng.

"Awalnya coba-coba sekitar tiga tahun lalu berangkat dari ares pisang seingat saya waktu kecil dulu hanya untuk sayur.  Lalu saya coba olah menjadi keripik ternyata rasanya itu cukup enak lalu berinovasi lagi saya olah menjadi abon dan dendeng seperti ini," kata Yayuk, Minggu (18/02).

Jelasnya, setiap satu pangkal pisang ukuran sedang menghasilkan ares yang mampu diolah menjadi keripik, abon maupun dendeng sekitar 3 kilogram. Jika dihitung dari nilai jualnya khusus keripik akan tembus pada kisaran Rp 200 ribu dengan hitungan per kilogramnya Rp 60 ribu. Bicara bahan dasar ares selama ini didapat dari pohon pisang sekitar rumahnya. Tetapi ares yang diambil dari pohon pisang jenis kepok sama pisang biji atau klutuk dan itupun usianya masih muda.

Menurut Yayuk usaha yang ia geluti sebagai pengrajin camilan berbahan dasar ares tersebut dimulai tahun 2015 lalu. Ia mengaku usaha yang terbilang lain dari biasanya itu cukup mendapat suport dari keluarganya dirumah. Bahkan Subiyanto suaminya setiap pagi mempersiapkan ares pisang sebelum berangkat kerja sebagai tukang ojek. Usaha dengan kategori home industri sebagaimana usaha Yayuk ini mampu menambah nilai perekonomian keluarganya. (pr)



SHARE THIS

Author:

0 komentar: