Friday, February 2, 2018

Pastikan Kepengurusan Partai, KPU Ngawi Lakukan Verifikasi Faktual Ke PDIP


SiagaNews || Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Ngawi melakukan verifikasi faktual terhadap Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) tingkat Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Ngawi, Kamis (01/02). Sesuai peraturan MK Nomor 53 PUU-XV/2017, KPU sebagai penyelenggara Pemilu Diharuskan melaksanakan verifikasi faktual terhadap partai politik peserta Pemilu 2019 mendatang.

Proses verifikasi faktual ini dipimpin langsung Samsyul Wathoni Ketua KPU Kabupaten Ngawi dan disambut Dwi Rianto Jatmiko Ketua DPC PDIP Ngawi demikian juga Budi Sulistyono yang notabene Bupati Ngawi. Dihadapan sejumlah wartawan Samsyul Wathoni mengatakan, tiada lain untuk mencocokkan data keanggotan partai yang ada serta data-data lain untuk memenuhi persyaratan dalam mengikuti Pemilu 2019 nanti.

“Verifikasi faktual ini dilakukan sebagaimana amanah keputusan MK yang ditindaklanjuti PKPU terhadap 12 parpol yang pernah menjadi peserta Pemilu 2014 lalu. Dan proses verifikasi ini merupakan hari terakhir dan sesuai kesepakatan pada hari ini selain PDIP akan kita lakukan pada PKB, Hanura dan Demokrat,” terang Samsyul Wathoni Ketua KPU Kabupaten Ngawi, Kamis (01/02).

Tandasnya, hasil dari verifikasi faktual ke PDIP tersebut satu hari berikutnya langsung dibuatkan berita acara. Sedangkan yang di verifikasi ke partai berlogo banteng moncong putih tersebut antara lain jajaran pengurus disesuaikan dengan Surat Keputusan (SK), domisili kantor, keterwakilan atau kuota 30 persen perempuan dan 5 persen keanggotan partai dari data Sipol yang diserahkan sebelumnya ditambah 50 persen kepengurusan ditingkat PAC.

 Ditempat yang sama Ketua DPC PDIP Ngawi Dwi Rianto Jatmiko menerangkan, pelaksanaan ferivikasi faktual terhadap partainya dilakukan tanpa hambatan apapun. Menyusul semua dokumen yang dibutuhkan pihak KPU dipersiapkan sejak awal.

“Alhamdulilah semua yang dibutuhkan KPU dalam verifikasi ini sudah kami penuhi tidak ada satupun yang tertinggal. Dan perlu diketahui pada proses kali ini kami hadirkan masing-masing tiga orang dari kepengurusan PAC ditambah anggota fraksi dan kepengurusan di internal DPC PDIP Ngawi,” pungkas Antok demikian sapaan akrabnya. (pr)


SHARE THIS

Author:

0 komentar: