Thursday, February 15, 2018

Slamet Minta Pembangunan Karakter Generasi Muda Dimaksimalkan



SiagaNews || Generasi penerus dalam hal ini pemuda sejatinya memiliki peran dan fungsi yang strategis dalam perkembangan pembangunan bagi  bangsa dan bernegara. Citra akan baik buruknya suatu bangsa dari hakikat sebenarnya memang ditangan para generasi penerus. Demikian yang dikatakan Slamet Riyanto Ketua Komisi IV DPRD Ngawi dalam setiap pertemuan Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) ditingkat kecamatan yang digelar beberapa waktu lalu.


Legislator dari PDIP ini meminta porsi pembangunan karakter/mental pada generasi penerus terutama para remaja dan pelajar harus dimaksimalkan disetiap ruang lingkup kebijakan. Mengingat disadari atau tidak sesuai perkembangan di jaman ‘now’ ini sudah berapa banyak remaja yang notabene pelajar terjebak pada penyalahgunaan narkoba maupun sex bebas. Slamet yang terbilang ‘gaek’ di kursi wakil rakyat Ngawi mengaku prihatin dengan kasus per kasus yang melibatkan pelajar.


“Disatu sisi pembangunan sarana dan prasarana dalam kontek insfrastruktur memang terus digenjot terus mengingat didalamnya ada kaitanya langsung dengan peningkatan perekonomian warga. Akan tetapi mari kita berpikir lebih jernih untuk sekarang ini betapa tidak sudah berapa banyak kalangan remaja disini pelajar dicekoki dengan narkoba demikian juga sex bebas,” terang Slamet Riyanto Ketua Komisi IV DPRD Ngawi, Kamis (15/02).


Dijelaskannya, dalam setiap Musrenbang yang digelar disekitar tempat tinggalnya baik di Kecamatan Ngrambe maupun Sine kemarin ia selaku wakil rakyat minta porsi pembangunan karakter generasi penerus ditambah dengan dimasukan pada pos-pos kegiatan. Baik di karang taruna maupun paguyuban yang melibatkan pemuda. 


Jika hal itu diminimalisir Slamet khawatir korban globalisasi akan terus bertambah. Selain itu ia mengharapkan setiap generasi penerus juga memperhatikan bahwa mereka mempunyai fungsi sebagai kekuatan moral, kontrol sosial dan agent perubahan  sehingga fungsi tersebut dapat berguna bagi masyarakat.


Diakhir keteranganya Slamet Riyanto menandaskan, semangat para generasi penerus jangan sampai luntur tergerus globalisasi. Pemuda harus dapat mengobarkan semangat cinta negeri sesuai cita-cita Bung Karno. 


Pemuda Indonesia harus bangkit, pemerintah Joko Widodo memberi kesempatan kepada pemuda untuk menunjukkan potensinya, seperti tertuang dalam program Nawa Cita. Melalui Nawa Cita pemerintah mengakomodasi kepentingan pemuda untuk lebih kritis dan mengubah mental korupsi yang ada di Indonesia. (pr)


SHARE THIS

Author:

0 komentar: