Monday, February 26, 2018

Yudho, Si Dewan Muda Sorot Kenakalan Remaja


SiagaNews || Yudho Aris Saputro selaku wakil rakyat dari Partai Gerindra yang duduk di kursi DPRD Ngawi mengaku prihatin terhadap kenakalan remaja sekarang ini.  Menyusul dari kasus per kasus terutama kejahatan narkoba yang menyeret pelakunya masih berumur belasan tahun.


"Sejak saya duduk dikursi wakil rakyat sangat prihatin dengan kondisi dan perilaku remaja sekarang yang notabene pelajar. Betapa tidak sudah berapa kasus narkoba dan sex bebas menyeret mereka," ujar Yudho demikian sapaan akrab suami dari Friska Febelinda ini, Senin (26/02).


Ia sekali lagi mengingatkan peran orang tua dalam melakukan pengawasan terhadap si anak lebih dimaksimalkan. Pencegahan dini sangat dibutuhkan kerjasama antara orang tua, guru dan masyarakat. Orang tua sangat berperan penting karena pendidikan awal berasal dai dalam rumah.


Orang tua mengarahkan dan membimbing anak-anaknya agar terbentuk karakter yang kritis dan cerdas. Pemberian kebebasan yang beratnggungjawab sangat penting khususnya anak yang memasuki masa remaja. Belajar tentang kemandirian dan kejujuran sangat perlu untuk mendasari kehidupan ke depannya.


Masa remaja adalah masa pencarian jati diri seseorang, pada masa ini anak memiliki emosi yang tidak stabil, rasa ingin tahu tinggi, ingin terlihat “wow” oleh orang lain, pengambilan keputusan belum matang dan masih mudah untuk dipengaruhi oleh lingkungan.


Bagaimana seseorang bisa menjadi penyalahguna narkotika/ketergantungan? Pertama adalah faktor keturunan (DNA), kedua faktor lingkungan (keluarga, tetangga, sekolah, dan sosial), dan ketiga faktor kemudahan mendapatkan zat narkotika.


Tegas Yudho, anak-anak sering mencoba narkoba karena keingintahuan tinggi bahkan hal itu terjadi bisa saja karena ajakan dari lingkungan dengan iming-iming yang memberikan surga dunia.Setiap orangtua mempunyai cara yang berbeda-beda dalam menangani anak yang terlibat narkoba.


Ada yang menentang, ada yang dapat mentolerir bahkan ada yang menolak sama sekali. Manfaat informasi yang ada dalam masyarakat untuk lebih mengetahui tentang penyalahgunaan narkoba. Sebagai orang tua kita harus mengenal dan mengetahui masalah narkoba agar dapat disampaikan dan mencegah anak terlibat masalah narkoba.


"Sudah saatnya sekarang ini untuk semua pihak bersama memikirkan generasi muda jauh dari narkoba. Pengawasan secara aktif terhadap mereka sangat dibutuhkan," ulas Yudho.


Tambahnya, narkoba tidak hanya merusak masa depan anak, tetapi juga merusak kebahagian orang tua, keluarga, dan bangsa.Orang tua perlu tahu bahwa narkoba adalah barang haram yang dilarang semua agama dan merupakan zat/obat paling berbahaya. Dari berbagai penelitian, kalangan muda merupakan kelompok yang paling rentan terhadap narkoba. Umumnya, mereka sudah mengenal narkoba pada rentang usia 10-19 tahun. (pr)


SHARE THIS

Author:

0 komentar: