Saturday, March 10, 2018

Adu Ketangkasan Berbaris Ratusan Pelajar Setingkat SLTA Ikuti Lomba PBB


SiagaNews || Ratusan pelajar setingkat SLTA di wilayah Ngawi, Jawa Timur ikuti adu ketangkasan dalam kemasan lomba Peraturan Baris Berbaris (PBB) di halaman Pemkab Ngawi, Sabtu (10/03). Gelaran lomba PBB yang diinisiasi Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Kabupaten Ngawi tersebut diikuti 20 tim atau peserta terbagi atas 15 tim tingkat dasar dan 5 tim tingkat mahir.


Ony Anwar Wakil Bupati Ngawi saat membuka kegiatan mengatakan, lomba PBB pada dasarnya bukan untuk melihat tim terbaik maupun sebaliknya. Melainkan sebagai wadah untuk memberikan pendidikan karakter pada generasi muda khususnya pelajar agar berjiwa patriotisme, memahami kebangsaan dan meningkatkan rasa nasionalis.


“Tujuannya kegiatan ini ialah untuk menumbuhkan jiwa patriot para generasi muda khususnya adik-adik pelajar yang ada di Ngawi ini. Dimana kegiatan PBB bukan sekedar adu ketangkasan dalam hal berbaris tetapi mengedepankan agar mereka mempunyai kedisplinan dan ketaatan,” terang Ony Anwar Wakil Bupati Ngawi.


Hal senada dikatakan Sarjono salah satu panitia lomba PBB, ia membenarkan kegiatan yang digelar dengan melibatkan para dewan juri dari Surabaya tersebut merupakan tahun kelima di 2018 ini. Untuk tingkat mahir maupun dasar merebutkan juara umum atau juara bergilir piala Bupati Ngawi. Selain itu turut masuk penilaian adalah best danton, yel, kostum dan suporter.


“Kegiatan PBB di Ngawi ini rutin dilakukan dan tahun ini merupakan yang kelima kalinya. Dan yang kita inginkan dari lomba PBB ini tidak lain sesuai program pemerintah tentang revolusi mental dan membentuk karakter generasi muda untuk siap memimpin bangsa,” ujar Sarjono.


Sementara itu Parno salah satu dewan juri dari Purna Paskibraka Indonesia (PPI) Surabaya menerangkan, dalam lomba yang diperhatikan tidak lain tentang kedisiplinan serta kekompakan tim peserta yang notabene para pelajar setingkat SLTA di wilayah Ngawi melalui lomba PBB khususnya dasar. Selama dalam adu performance tandasnya, semua tim peserta tampil memukau baik memperagakan PBB formasi, kreasi dan kostum.


“Untuk peserta PBB di Ngawi khususnya para pelajar ini mereka tampil bagus dan sesuai standartnya. Apalagi kegiatan perlombaan PBB di wilayah Ngawi ini langsung diselenggarakan oleh pemerintah daerah berbeda dengan daerah lainya makanya sangat luar biasa. Kalau di daerah tertentu memang biasanya itu diselenggarakan pihak sekolah tentunya ada yang beda,” kata Parno.


Kemudian pada lomba PBB kali ini untuk kelas mahir keluar sebagai juara I dan II disabet SMAN 1 Ngawi dan juara III diboyong SMAN 2 Ngawi. Sedangkan kelas dasar juara I diraih SMAN 1 Jogorogo, juara II ditangan SMKN 1 Ngawi dan juara III berhak diraih SMAN 1 Karangjati. (pr)



SHARE THIS

Author:

0 komentar: