Thursday, April 26, 2018

Dihadapan Ribuan Petani Puti Replikasi Regulasi Pertanian Dari Ngawi

SiagaNews || Kehadiran Mbak Puti bersama ribuan petani dari Gapoktan se-Kabupaten Ngawi dalam agenda silaturrahim di gedung serbaguna Eka Kapti Ngawi, Kamis (26/04), memberikan beberapa konsep program pertanian menuju kedaulatan pangan. Didampingi Budi Sulistyono Ketua Tim Pemenangan Gus Ipul-Puti wilayah Mataraman sekaligus Bupati Ngawi, Mbak Puti sesuai komitmenya bakal intervensi pertanian dalam skala prioritas secara berjenjang untuk meningkatkan produktifitas pertanian.

"Tidak dipungkiri lagi keberadaan Jawa Timur ini perlu ada penyusunan konsep pertanian yang terarah dan terprogram secara baik. Kondisi inilah sudah menjadi kewajiban kita untuk meningkatkan mutu pertanian dengan menerapkan aplikasi dan inovasi yang pas dibidang pertanian seperti di Ngawi," terang Mbak Puti, Kamis (26/04). 

Tandasnya, ia sengaja mereplikasi sebagian program pertanian dari Ngawi untuk Jawa Timur. Mengingat sektor pertanian melalui besutan Mbah Kung dalam beberapa tahun terakhir menunjukan angka peningkatan baik dari sisi produktifitas pertanian khususnya padi maupun tingkat kesejahteraan petani meskipun dalam proses pemerataan. Terlebih, wilayah Ngawi sektor pertanian padi terbukti mampu mensuplai kebutuhan beras nasional dan menjadi bagian lumbung padi di Jawa Timur.

"Keberadaan sektor pertanian secepatnya harus kita intervensi dengan regulasi yang tepat sasaran. Bukan berati keberadaan sektor pertanian di Jawa Timur secara umum jalan ditempat tetapi perlu kita genjot lagi," kupas Mbak Puti.

Menuju penguatan sektor pertanian replikasi yang diusung Mbak Puti dari Ngawi antara lain melalui tiga konsep manajemen dengan memperhatikan kebutuhan air, keberadaan sumur dalam dan manajemen tanam. Ketiga hal sebagaimana yang digariskan Mbah Kung terbukti ampuh meningkatkan pertanian. Sehingga kedepanya penerapan 'ilmu baru' dari Ngawi bakal disuntikan kedalam regulasi pertanian untuk Jawa Timur lima tahun kedepan. Komitmen yang bakal dibangun Mbak Puti langsung mendapat apresiasi positif dari ribuan petani yang tergabung ke dalam Gapoktan se-Kabupaten Ngawi. (pr)

SHARE THIS

Author:

0 komentar: