Saturday, April 21, 2018

Panwaslu Ngawi Investigasi APK Hilang Dan Melanggar PKPU


SiagaNews || Belasan alat peraga  kampanye (APK) kedua paslon Pilgub Jatim 2018 di wilayah Ngawi dinyatakan hilang. Panwaslu Ngawi turun tangan melakukan investigasi sekaligus menginventarisir penyebab hilangnya APK yang terpasang mulai pertengahan Februari 2018 itu.

Khoirul Anam Komisioner Panwaslu Ngawi menyatakan sesuai peran lembaganya hanya sebatas ikut mengawasi agar APK tidak hilang atau rusak. Hanya saja fakta dilapangan beberapa APK yang difasilitasi KPU Kabupaten Ngawi maupun yang dipasang oleh masing-masing tim kampanye hilang dibeberapa wilayah kecamatan.

"Kami sesuai peranya hanya mengawasi dan melakukan pendataan serta menginventarisir apa saja jenis APK yang hilang. Apakah itu umbul-umbul, baliho atau baner setelah itu kami sampaikan ke tim kampanye melalui KPU Kabupaten Ngawi," terang Anam sapaan akrab komisioner Panwaslu Ngawi, Sabtu (21/04).

Ulasnya, sesuai Peraturan KPU (PKPU) bilamana ada APK hilang, rusak maupun faktor lain sudah menjadi tanggungjawab tim kampanye. Demikian juga terkait penggantian APK yang dirasa mengalami kerusakan hanya tim kampanye masing-masing paslon yang berhak untuk mengganti. Soal penggantianya pun tidak asal pasang, harus sesuai dengan spesifikasi gambar yang diajukan tim kampanye ditingkat propinsi.

Kemudian hasil pemantauan Panwaslu Ngawi terhadap APK untuk paslon nomor urut 1 Khofifah-Emil ada yang hilang dibeberapa wilayah kecamatan mulai Sine, Kwadungan, Padas, Mantingan, Gerih dan Kedunggalar. Sedangkan untuk paslon nomor urut 2 Gus Ipul-Puti sebagian APK hilang di wilayah Kedunggalar, Kendal, Mantingan, Padas dan Kwadungan.

Selain hilang, pihak Panwaslu Ngawi klaim menemukan beberapa APK yang terpasang tidak sesuai dengan PKPU Nomor 04 Tahun 2017. Tercatat  jumlah totalnya mencapai 29 APK dan 7 bahan kampanye. Sebelum melakukan pelepasan pihak Panwaslu tetap mengkoordinasikan dengan tim kampanye yang ada dengan disaksikan KPU Kabupaten Ngawi. (pr)


SHARE THIS

Author:

0 komentar: