Saturday, June 23, 2018

Di  Sela-Sela Jadi Legislator Haryanto Pilih Jadi Peternak Sapi


SiagaNews || Kisah cukup inspiratif ini bisa dijadikan pengalaman bersama menyusul dari kegiatan seorang anggota legislative yang sekarang duduk di DPRD Kabupaten Ngawi. Iya, sebut saja Haryanto asal Dusun Bejen, Desa Pandansari, Kecamatan Sine, Ngawi, yang sebelumnya sama sekali tidak memikirkan untuk menjadi seorang wakil rakyat.

Namun, Haryanto yang sekarang memasuki usianya ke 47 tahun pada awalnya aktif sebagai pengurus Partai Keadilan Sejahtera (PKS) di tingkat Propinsi Jawa Timur. Lantaran sikapnya yang santun dan bersahaja dengan dedikasi tinggi membuat dirinya didesak oleh warga masyarakat sekitarnya.

Dengan niat ikhlas tanpa pamrih, istri dari Tri Riris Aswati ini pun mengikuti pencalonan legislative melalui PKS pada Pemilihan Umum (Pemilu) tahun 2014 lalu. Dalam masa itulah hingga kini Haryanto masih terlihat sederhana . Untuk mengisi waktu disela-sela kegiatanya sebagai wakil rakyat ia memilih berternak.

“Alhamdulillah, apa yang saya pikirkan semuanya berjalan dengan baik termasuk usaha kecil-kecilan nyambi jadi peternak ini selain tugas dari kantor (DPRD Kabupaten Ngawi-red),” terang Haryanto.

Tuturya, dengan cara berternak sapi unggul jenis ‘Brahman’ dan kambing jenis ‘Etawa’bisa sedikit mengobati rasa lelahnya ketika pulang pergi menuju kantor DPRD Kabupaten Ngawi yang berjarak sekitar 60 kilometer.  Maklum, sejak menjadi anggota legislative sampai pertengahan tahun 2018 ini Haryanto memilih pakai sepeda motor sebagai alat transportasinya.

“Iya, mungkin dari 45 anggota dewan di DPRD Kabupaten Ngawi saya ini yang terus motoran (sepeda motor-red). Ketika sampai rumah langsung lihat sapi dan kambing yang ada di kandang. Sambil memberi pakan pada ternak-ternak itu semua rasa lelah sudah hilang,” bebernya.

Haryanto mengaku memiliki 2 kandang ternak yang dimanfaatkan untuk puluhan ekor kambing dan 5 ekor sapi. Semuanya dilakukan cukup mandiri tanpa melibatkan tenaga dari orang lain maupun pihak lain termasuk membersihkan kotoran yang ada didalam kandang.

Kemudian tanggungjawabnya sebagai anggota DPRD Kabupaten Ngawi, Haryanto sangat prihatin terhadap aksi kenakalan remaja sekarang ini. Terlebih, sudah sering terdengar kejahatan narkotika maupun penyalahgunaan obat-obatan terlarang melibatkan pelaku yang notabene masih tergolong usia remaja.

“Setiap mendengar adanya peristiwa penyalahgunaan narkoba termasuk didalamnya obat-obatan terlarang menjadikan saya berpikir bagaimana cara untuk membentengi mereka semuanya. Maka peran orang tua dan pergaulan disekitarnya saya rasa sebagai kuncinya. Dengan alasan inilah sebagai orang tua setiap saat harus mewaspadai perilaku anak jangan sampai terlena,” pungkas Haryanto. (pr)

 


SHARE THIS

Author:

0 komentar: