Tuesday, July 17, 2018

Hari Terakhir Pendaftaran Caleg, PDIP Ngawi Keterwakilan Perempuan Diatas Target

SiagaNews || Pesta demokrasi lewat Pemilu 2019 masih setahun lagi digelar. Namun tahapanya mulai dilakukan sekarang ini oleh KPU baik pusat hingga daerah. Pada kesempatan hari terakhir PDIP Ngawi secara resmi mendaftarkan 45 orang sebagai bakal calon legislative di KPU Kabupaten Ngawi, Selasa, (17/07). Mengingat pendaftaran para calon wakil rakyat itu sendiri sudah mulai dibuka sejak 4 Juli hingga 17 Juli 2018 ini.  

Pada proses pendaftaran, partai berlambang banteng moncong putih wilayah Ngawi itu tercatat memiliki keterwakilan perempuan lebih dari 30 persen. Dwi Rianto Jatmiko Ketua DPC PDIP Ngawi mengatakan, dari 6 daerah pemilihan (dapil) sebanyak 19 orang perempuan dari 45 orang telah didaftarkan dari PDIP untuk ikut andil merebutkan kursi di DPRD Ngawi.

Menyusul dari jumlahnya, Antok sapaan akrab Dwi Rianto Jatmiko memastikan ada 37 persen kuota perempuan. Padahal KPU memasang target 30 persen untuk kuota perempuan yang harus didaftarkan oleh masing-masing partai sesuai Peraturan KPU Nomor 7\/2013 dan UU 8\/2012 tentang Pemilu pasal 58 dan 59.

“Hari ini ada 19 orang perempuan yang kita daftarkan sebagai calon legislative ke KPU Ngawi. Dengan angka itu untuk kuota perempuan dari PDIP Ngawi sudah terpenuhi bahkan lebih dari yang ditargetkan,” terang Antok, Selasa, (17/07).

Dari jumlah 45 orang yang didaftarkan, ada 2 orang kandidat bakal caleg berlatar belakang kepala desa dan 2 orang lainya baru saja menjalani masa pensiun dari PNS serta 1 orang lagi sebagai PNS aktif. Pada masa pendaftaran Antok menekankan, semua berkas sudah disiapkan guna proses verifikasi administrasi sebelum perbaikan syarat administrai pencalegan dan disusul pada perbaikan syarat administrai yang berakhir pada 22 Juli 2018 mendatang.

“Semua yang mencalonkan diri jadi legislative sudah kita daftarkan. Hanya saja jika ada kekurangan administrasi maka akan kita penuhi pada tahapan berikutnya yakni di masa perbaikan,” bebernya.

Kemudian pihak KPU Kabupaten Ngawi memastikan pada waktu PDIP mendaftarkan para calegnya terhitung sebagai partai ke-7 yang telah mendatangi kantor penyelenggaran pemilu itu. Semua berkas atau syarat administrasi yang diajukan PDIP akan diteliti secara detail dalam masa waktu verifikasi.

“Semua berkas yang ada akan kita cek dan teliti satu persatu apabila ada kekurangan syarat administrasi sesuai peraturanya maka akan kita kembalikan untuk dilengkapi kembali. Insyallah 16 partai dari 19 partai hari ini telah menjadwalkan diri melakukan pendaftaran di KPU Kabupaten Ngawi,” jelas Samsyul Wathoni Ketua KPU Kabupaten Ngawi. (pr)


SHARE THIS

Author:

0 komentar: