Monday, July 2, 2018

Ziarah Makam Leluhur, Kanang Pesan Generasi Harus Tahu Sejarah


SiagaNews || Tidak terasa usia Kabupaten Ngawi hampir menyentuh abad ke-7 yakni 660 tahun. Selaras dengan usianya, Bupati Ngawi Budi Sulistyono atau biasa disapa Kanang berpesan perlu adanya refleksi terutama bagi generasi muda untuk mengenang sejarah akan Ngawi secara totalitas. Hal ini dilakukan sebagai satu isyarat untuk menjunjung budaya leluhur sesuai kulturnya yang telah diwariskan oleh para pendahulu khususnya para pemangku di Kabupaten Ngawi.

 

Ketegasan Kanang ini disampaikan usai ziarah ke makam leluhur khususnya para Adipati maupun Tumenggung yang notabene para pemimpin Kabupaten Ngawi sesuai jamanya di makam Ngawi Purba masuk Kecamatan Ngawi Kota, Senin, (02/07). Kegiatan ini untuk mengenang HUT Kabupaten Ngawi yang jatuh ke-660 yang jatuh pada 7 Juli 2018 mendatang.

 

 “Hari ini kita semua melakukan kegiatan rutin ziarah makam leluhur. Apa yang sudah digariskan oleh para pendahulu kita tentunya harus dilestarikan. Tujuanya tidak lepas warisan budaya maupun histori yang terkandung didalamnya bisa dikenal dan dipahami dari generasi ke generasi,” ungkap Kanang.

 

Tambahnya, para pemimpin terdahulu telah meletakkan sendi-sendi pemerintahan dan kemasyarakatan yang baik dan selalu memperjuangkan hak-hak rakyat pada masanya yang sudah terampas oleh bangsa kolonial. Dengan demikian bukan mustahil wilayah Ngawi dijadikan Onder Regentschap karena dianggap daerah strategis sebagai jalur ekonomi dan daerah pertahanan kolonial Belanda dengan terbukti dibangunya benteng pertahanan Van Den Bosch.

 

Seperti diketahui ziarah makam leluhur yang dilakukan Bupati dan Wakil Bupati Ngawi bersama jajaranya termasuk Kapolres Ngawi dan Dandim 0805 Ngawi. Makam yang di ziarahi antara lain Taman Makam Pahlawan (TMP), Makam RM Tumenggung Poerwodiprodjo (Bupati Ngawi 1887-1902), makam Raden Adipati Kertonegoro di Gunung Sarean Sine dan makam Raden Patih Ronggolono dan Putri Cempo di makam Desa Tawang Rejo Ngrambe dan salah satu tokoh di Kabupaten Ngawi yakni Ki Soemodarmodjo mantan Kepala Desa (Kades) Babadan, Kecamatan Paron. (pr)


SHARE THIS

Author:

0 komentar: