Sunday, August 12, 2018

Tidak Sekedar Teori, Ratusan Siswa MI PSM Sulursewu Lakukan Manasik Haji

SiagaNews || Ratusan siswa Madrasah Ibtidaiyah (MI) PSM Sulursewu, Desa Teguhan, Kecamatan Paron, Ngawi melakukan kegiatan manasik haji bersama ratusan siswa MI lainya yang tergabung ke dalam Kelompok Kerja Madrasah (KKM) Gelung wilayah selatan, Sabtu, (11/08/2018).

Para siswa tersebut, mengikuti latihan manasik haji layaknya di Mekkah, Arab Saudi komplit mengenakan pakaian haji berupa kain ihram lengkap. Kegiatan yang berlangsung hampir dua jam itu digelar dilapangan Desa Gentong, Kecamatan Paron, dibimbing langsung petugas dari Kemenag Ngawi.

Dalam kegiatan manasik haji, terlihat ratusan para siswa dilatih tentang tata cara pelaksanaan ibadah haji yang akan dilaksanakannya, misalnya rukun haji, persyaratan, wajib, sunah, maupun hal-hal yang tidak boleh dilakukan selama pelaksanaan ibadah haji. Selain itu para siswa juga belajar bagaimana cara melakukan praktik tawaf, sa’i, wukuf, lempar jumrah, dan prosesi ibadah lainnya dengan kondisi yang dibuat mirip dengan keadaan di tanah suci.

“Alhamdulillah para siswa mengikuti manasik haji ini dengan khusyu sehingga kedepanya diharapkan dapat menanamkan keinginan para siswa untuk berhaji apabila mereka sudah dewasa. Dan kegiatan ini sangat memberikan manfaat agar para siswa sejak dini mengetahui apa saja rukun haji yang harus dilaksanakan di tanah suci,” terang Syukron Fadly Kepala Sekolah (Kasek) MI PSM Sulursewu.

Sementara itu Tri Mulyo pembimbing manasik haji dari Kemenag Ngawi menjelaskan, kegiatan manasik haji tidak lain untuk mengimplementasikan ilmu tentang haji serta rukun-rukunya. Setelah siswa hanya sebatas mengetahui tentang haji melalui teori sehingga patut untuk dipraktikan melalui manasik haji.

“Manasik haji yang dilakukan dapat memberikan satu inspirasi bagi siswa bagaimana dengan prosesi naik haji di tanah suci sana. Maka, dalam manasik haji ini kita lakukan seluruh rukun-rukunya sesuai tahapan yang harus dilakukan,” ungkap Tri Mulyo. (pr)


SHARE THIS

Author:

0 komentar: